Salah satu
kriteria penting dari sebuah antar muka adalah tampilan yang menarik.
Perancang
tampilan selain harus mempunyai jiwa seni yang memadai, juga harus mengerti
selera pengguna secara umum
Perlu
dokumentasi untuk semua pekerjaan yang dilakukan.
Dokumentasi
yang baik, dapat mengubah rancangannya apabila rancangan tersebut mengalami perubahan disesuaikan dengan usulan dari
pengguna atau karena alasan lain.
Dokumentasi
rancangan dapat dikerjakan atau dilakukan dalam beberapa cara :
a. Membuat sketsa pada kertas
b. Menggunakan peranti prototipe GUI (Graphic User Interface)
c. Menuliskan tekstual yang
menjelaskan tentang kaitan antara satu jendela dengan jendela lainnya
d. Menggunakan peranti bantu yang
disebut CASE (Computer-Aided Software Engineering)
Desain dibuat berdasarkan pada :
- Tugas user
- Kemampuan user
- Kebutuhan user
- Konteks (berkaitan dengan
sistemnya)
Filosofi Desain
Kesukaan personal :
o
Elemen-elemen visual ekonomi
o
Less is more (kurang lebih)
o
Bersih, terorganisasi dengan baik
Prinsip Desain Grafik
§
Metaphor (kiasan)
o
Aplikasi dari nama atau deskripsi istilah obyek lain yang tidak dapat
diartikan secara harafiah (jelas/nyata)
§
Clarity (kejelasan)
o Harus ada alasan yang kuat mengapa kita menggunakan suatu elemen dalam suatu interface.
§
Consistency (ketetapan)
o Konsisten dalam layout, warna, image, icon, typografi, teks, dll.
o
Konsisten baik dalam layar dan antar layar
o
Selalu ada metaphora dimanapun
o
Platform dapat memiliki satu gaya pengarahan
§
Aligment (Perataan)
o
Untuk perataan gunakan rata kiri. Gaya negara-negara Barat dimulai dari
kiri atas
o
Mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah
o
Grids
~ Garis-garis vertikal dan horizontal (tersembunyi) membantu mengalokasikan komponen-komponen
jendela
~
Meratakan yang berkaitan
~
Kelompokkan item-item berdasarkan logika
~
Meminimalisasi jumlah kontrol, mengurangi kekacauan
§
Proximity (Kedekatan)
o
Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama-sama
o
Jarak mengimplikasikan tidak ada hubungan
§
Contrast (Keserasian tampilan)
o
Membuat pengguna tertarik
o
Memandu mata pengguna melihat keseluruhan interface
o
Memperkuat fokus
o
Membedakan kontrol yang aktif
o
Mengatur item yang paling penting
Penghematan Elemen Visual
§
Gunakan elemen visual Seperlunya
§
Minimalkan border-border dan outline yang berat
§
Minimalkan ketidakrapihan
§
Minimalkan jumlah dari kendali
Teknik Koding
§
Blinking (berkelap-kelip)
o
Baik untuk menangkap atensi tetapi gunakan dengan hemat
§
Reverse Video, bold
o
Baik untuk membuat sesuatu sangat menonjol
o
Sekali lagi gunakan dengan hemat
Tipografi
§
Karater-karakter dan simbol-simbol harus mudah dinyatakan dengan jelas dan
dapat dibedakan.
o
Menghindari penggunaan huruf besar
yang berlebihan.
o
Dari penelitian menemukan bahwa dengan mencampur huruf akan meningkatkan
kecepatan membaca.
§
Mudah dibaca
o
Memudahkan membaca dengan teks yang banyak.
§
Mempunyai sifat yang mudah dibaca
o
Memudahkan untuk mengenali teks
Fonts
Ukuran huruf yang digunakan
Warna (atribut,
asosiasi)
§
Atribut warna
o
Hue (corak)
- Native color, pigment
o
Saturation (penjenuhan)
- Kebersihan relatif, keadaan terang, atau mengintensifkan
warna
o
Value (nilai)
- Keadaan terang atau gelap dari warna
WARNA
|
MAKNA POSITIF
|
MAKNA NEGATIF
|
Merah
|
Kekuatan, energi, tenaga,
hasrat , cinta. Dengan sedikit
memberikan warna merah bisa
menimbulkan gairah,
membangkitkan semangat,
mendorong keinginan.
|
Bahaya, perang, kekejaman,
kekerasan, api, darah. Terlalu
banyak warna merah bisa
disangka terlalu agresif.
|
Merah Muda
|
Kewanitaan (feminim),
keremajaan (masa muda).
|
Naif, kelemahan,
kekurangan
|
Orange
|
Kehangatan, bersemangat,
ceria, keseimbangan, musim
gugur, menimbulkan getaran.
|
Meminta dan mencari
perhatian
|
Kuning
|
Sinar matahari, emas,
kekayaan, keberuntungan,
kehidupan.
|
Tidak jujur, pengecut,
cemburu, iri hati,
penghianatan, penipuan,
kebohongan, resiko, sakit
|
Hijau
|
Alam, lingkungan, hidup,
pertumbuhan, stabil, santai
kesuburan, harapan.
|
Kecemburuan, nasib buruk,
iri hati, dengki.
|
Biru
|
Kepercayaan, kesetiaan,
ketenangan, kedamaian,
ketulusan, kesejukan, air, awan,
harmoni, kebersihan,
konservatif, percaya diri,
penyembuhan.
|
Merupakan
warna yang aman dipakai untuk
Kesedihan, kedinginan,
depresi, penurunan vitalitas.
|
Ungu
|
Kebangsawanan, perubahan,
spiritual.
|
Kesombongan, keangkuhan,
kejam, kasar, duka cita, royal, rumit
|
Coklat
|
Tanah, bumi, netral, hangat,
keamanan, perlindungan.
|
Tumpul, kotor,
membosankan.
|
Abu – abu
|
Modern, cerdas, bersih, kokoh,
masa depan, intelektual.
|
Umur tua, kesedihan, bosan.
|
Putih
|
Kesucian, kebersihan,
kemurnian, kesederhanaan,
damai, kebaikan, disiplin,
perawan, perkawinan, musim
dingin, musim salju.
|
Kematian ( budaya timur ),
dingin, mandul, steril, klinik,
hampa.
|
Hitam
|
Kekuatan, keanggunan,
kemewahan, misteri,
kecanggihan, kemakmuran,
kepuasan, pengalaman, keras,
kokoh, sangat kuat.
|
Kematian ( budaya barat ),
takut, setan, kesedihan, duka
cita, marah, anonim,
penyesalan.
|
§
Petunjuk pewarnaan
o
Tampilkan image-image warna pada latar belakang hitam
o
Pilih warna terang yang mudah dilihat
o
Hindari coklat dan hijau sebagai warna-warna untuk latar belakang
o
Pastikan warna-warna foreground (tampilan luar)kontras dalam keadaan terang
dan hue dengan warna-warna background
o
Gunakan warna dengan hemat—Desain dalam b/w kemudian tambahkan warna yang
sesuai
o
Gunakan warna untuk mengambarkan atensi, komunikasi organisasi, untuk
mengindikasi status, untuk mendirikan hubungan-hubungan
o
Hindari penggunaan warna dalam cara-cara yang berkaitan dengan non tugas
Desain Icon
§
Mempresentasikan obyek atau tindakan yang mudah dikenal secara luas
§
Mewakili obyek atau tindakan dalam cara yang lazim dan dikenali
§
Batasan jumlah icon-icon yang berbeda
§
Buat icon yang menonjol dari latar belakang
§
Pastikan bahwa icon-icon yang telah diseleksi satu persatu secara jelas
dapat dilihat jika dikelilingi dengan icon-icon yang tidak terseleksi.
§
Buat setiap icon berbeda
§
Buat anggota-anggota icon-icon yang harmonis dari kumpulan icon
§
Hindari perincian yang berlebihan
0 komentar:
Posting Komentar